SlideShow

0

Mengunjungi eyang Merbabu part 2

lanjutan dari part 1,,,,,

Minggu 10 Juli,,,,,,,,,
“wey,,bangun bangun,,,katanya mw ngejar sunrise di puncak” gaktau siapa yang ngomong, melek dikit, terus tidur lagi. Tapi gak lama kemudian ditereakin lagi. Akhirnya dengan susah payah, gw paksa untuk membuka mata ini, what!! Jam setengah 5 ??!! ,,buru2 bangun, nyeduh segelas energ*n dan siap2 buat ke puncak, walaupun agak sedikit telat. Yang laen pun bangun and siap2 berangkat, Cuma bang wahyu aja yang gak ikut and lanjutin tidurnya lagi. Sebelum berangkat gak lupa kita berdoa, yosh!! Berangkaaaaaat!. Keadaan di sekitar yang masih gelap gulita dan dingin yang menusuk ga menyurutkan semangat kita, gw khususnya untuk mencapai puncak. Mungkin ini yang gak pernah bisa dimengerti oleh mereka yang bukan pencinta alam, atau yang belum pernah merasakan bagaimana rasanya berada di titik tertinggi dari suatu daerah. “Ngapain sih cape-cape,,dingin-dingin pergi ke gunung?? mendingan juga di rumah, enak bisa santai-santai” omongan seperti itu udah biasa gw dan mungkin temen2 gw yang lain dengar. Mereka belum pernah merasakan bagaimana takjubnya, bahagianya menyaksikan indahnya ciptaan Allah secara langsung dan begitu dekat. Gak ada kata lain yang mampu keluar dari mulut ini selain “subhanallah”. Mentari pun menampakkan dirinya perlahan –lahan, gw baru sampai di pemancar saat itu. Sambil menunggu temen-temen yang lain, gw , ate, chimoy dan tegek yang udah sampe duluan disitu, seakan gak mau ketinggalan senyum sang mentari pun langsung mengabadikan momen tersebut.

Biru nya langit dan warna oranye yang dipancarkan sang mentari berpadu dengan putihnya awan, ahh sungguh perpaduan warna yang indah pikirku. Walau gw udah disapa sang mentari sebelum sampai di puncak, gw gak terlalu menyesal, karena gw masih bisa menyaksikan sapaan hangat sang mentari dari tempat yang cukup ideal. Setelah mentari perlahan beranjak meninggi, kita pun melanjutkan perjalanan. Track yang curam, berbatu dan berdebu terus menghantui perjalanan kita. “ayo,,sedikit lagi,,sedikit lagi puncak” kata-kata itu yang selalu gw ucapkan di dalam hati gw, agar diri ini tetap selalu bersemangat dan melupakan sejenak detak jantung yang berdegup kencang, keringat yang membasahi kening gw, dan nafas yang sudah berantakan. Dengan semangat yang terus gw pelihara di diri gw, sampai juga gw di pertigaan setelah jembatan setan *gak tau namanya -_-“. Disitu ada salah satu panitia yang menjaga, untuk memberi tahu peserta, “kalo puncak kenteng songo ke kanan , kalo puncak syarif itu mas (ke kiri) keliatan kok dari sini” ucapnya. Gw lalu bertanya ke chimoy, agri dewa dan galih, “kita kemana nih? Kenteng songo aja yuk, masa udah jauh-jauh gak dapet puncak yang tertingginya,,,”ucap gw. Mereka pun akhirnya setuju, kita menuju puncak kenteng songo yang masih harus ditempuh kurang lebih 20 menit lagi dari persimpangan tersebut.

Dengan trek yang cukup menantang, gw berlima pun jalan perlahan-lahan sampe akhirnya tiba di puncak kenteng songo. Di puncak itu ada bebatuan yang konon katanya berjumlah songo (9), tapi orang biasa Cuma bisa ngeliat 6 aja, 3 batu lainnya hanya bisa dilihat oleh orang2 pinter aja. *berarti gw bego dong gak bisa ngeliat yang 3 lagi?? :hammer. Ah udahlah percaya aja pikir gw, orang udah sejarah nya begitu,,:p. Disitu gw nyari-nyari batu atau apalah bentuknya, yang menunjukkan bahwa itu udah puncak dari gunung merbabu, tapi kok gak ada ya??. Trus gw coba jalan agak ke kanan lagi, ke puncak yang satu nya lagi, disitu gw baru nemu tugu batu bertuliskan “puncak Merbabu 3142 Mdpl”. *belakangan gw baru tau klo ini yang namanya puncak triangulasi,,,:hammer.


Sambil nunggu chimoy, dewa, dan galih nyampe, gw dan agri foto-foto pemandangan sekitar, khususnya eyang Merapi, yang menampakkan kegagahan nya tanpa terhalang apapun, subhanallah. Setelah chimoy, dewa dan galih sampe, kita ganti2an mengambil foto berlatar belakang eyang Merapi. Kebetulan disitu ada 3 nihonjin yang juga sedang mendaki merbabu, so gw adakan sedikit conversation dengan mereka,,hehehee.


Setelah puas foto2 kita pun langsung turun kembali ke bawah, gw sama chimoy yang duluan melipir ke bawah. Track yang dipenuhi debu dan bebatuan kecil membuat kita harus hati-hati dalm melangkah turun, buktinya chimoy berapa kali maen perosotan,,,*uppss,,sorry bro :p.


setelah 15 menit gw berdua pun tiba di pertigaan setelah jembatan setan *masih belum tau apa namanya??. Disitu udah ada ate, tegek, desti, julia and eca yang tadi lebih memilih ke puncak syarif (karena lebih dekat mungkin). Gak lama gw istirahat, ate dan yang lain pun ngajakin turun kembali ke pos 2, tempat kita ngecamp. Dengan tenaga yang sudah 50% dan tenggorokan yang kering, pelan tapi pasti gw dan yang lain ngetrek ke pos ke 2. Alhamdulillah, gw, chimoy dan ate nyampe duluan di tenda. Disitu gw langsung masuk ke dalam tenda, coba packing dikit-dikit, sementara ate, chimoy and tegek menyiapkan makanan buat makan siang nya anak-anak. Sayur asem, chicken nugget, sosis goreng dan banyak menu lainnya terasa sangat spesial saat itu. Memang makanan apapun kalau masaknya di gunung itu terasa berbeda, gak enak pun pasti disikat. Gak ngerti apa emang suasana kebersamaan nya yang mendukung atau emang lagi pada kelaperan?? Hahahaha.

Selesai makan siang, gw dan yang lain pun packing bawaannya masing-masing. Semua rapi, berdoa dan mulai trekking meninggalkan eyang merbabu dengan segala ceritanya. Alhamdulillah, gak ada hambatan berarti dalam perjalanan turun.

Cuma dengkul gw mulai terasa nyeri saat mendekati pos ke-2. Setiap kali ditekuk rasanya ngilu banget. Kayaknya baut nya udah mulai kendor, sayang gw gak bawa kunci pas,,hehehe. Tapi semangat gw yang masih tersisa terus gw pelihara untuk segera sampai di pos pendaftaran, biar gak kelamaan pikir gw. Dan mungkin tipe gw yang gak suka berlama-lama dalam penderitaan, jadi semua rintangan gw hadapi biar gw segera keluar dari penderitaan ini *dramatis banget yak?? Hahahaha. Dengan penuh perjuangan dan sedikit pemaksaan kepada dengkul gw, akhirnya gw tiba juga di pos pendaftaran, alhamdulillah ucap gw. Langsung taro carrier, selonjoran dan santai sambil nunggu ate , chimoy dan yang lain yang masih dalam perjalanan turun. Satu persatu temen gw pun akhirnya sampe di pos pendaftaran. Sebagian ada yang ganti kostum, cuci muka dan cewek-cewek ada yang nyempetin mandi pula :hammer. Sementara Dewa, tinton dan galih bergantian nungguin pengumuman siapa yang dapet doorprize, yah berharap dikit boleh lah, biar pulang ke jakarta ada oleh-oleh nya :p. Tapi setelah ditungguin ampe selesai pengundiannya, yang beruntung dari kelompok kita cuma si chimoy aja, dia dapet rain cover buat daypack. Sudahlah, emang belum rejeki gw dan temen yang laen kali, pikir gw. Sekitar jam 5, truk yang akan membawa kita ke Taman Lele pun tiba, truk yang sama yang membawa kita dari stasiun poncol ke pos pendaftaran Merbabu ini. “mudah-mudahan gak mogok lagi” sindir teman-teman pendaki lain yang sempet beberapa kali harus turun dari truk karena truk nya mogok pas tanjakan. Di atas truk pun gw langsung tidur, karena gw tau masih butuh waktu sekitar 2 jam an lagi buat sampe di taman lele. Ternyata bener, setelah beberapa kali bangun, tidur, bangun terus tidur lagi, kita semua sampe di Taman Lele sekitar jam setengah 9 an. Turun langsung nyari makanan, karena jujur perut gw udah keroncongan dari di atas truk tadi. Tukang Nasi goreng yang beruntung malam itu, gw, chimoy, ate, bang wahyu, agri dan tegek memilih nasi goreng sebagai menu makanan kita malam itu (padahal sih emang gak ada pilihan laen :hammer). Sementara yang laen memilih makan bakso di warung sebelah tukang nasi goreng mangkal. Kelar makan, kita langsung naek ke bus yang daritadi sebenernya udah nungguin kelompok kita yang lagi makan,hahaha emang special banget deh nih kelompok,,mulai dari mau berangkat naek,,turun ninggalin pos ke-2 sampe mw naek bus pulang ke jakarta pun selalu ditungguin,,,:p.
Naek ke bis, dapet tempat duduk, ngobrol2 sebentar sama agri yang duduk di sebelah gw, dan bang amin sama david yang duduk di belakang gw terus ……tidur :D. gw tau walaupun badan ini gak terlalu cape, tapi tubuh ini bener2 butuh istirahat, karena besok gw harus tetep kerja dan ngajar sampe jam 8 malem,,,berat memang, tapi ini semua tanggung jawab gw sebagai karyawan yang profesional :p. sempet bangun jam setengah 4 pagi pengen kencing tapi toilet bus dipake buat naro kulkas sama lemari nya anak-anak, terpaksa kudu ditahan sampe pemberhentian terdekat. Ditunggu tunggu kok gak berhenti-berhenti, ahh tidur lagi aja deh. Akhirnya bus berhenti di rest area setelah masuk tol cikampek. Buru-buru turun terus nyari toilet,,,”sseeerrrrr” ahhhh lega :p. Chimoy, bang wahyu dan beberapa temen yang lain pun menyempatkan membuang “air” yang gw yakin sudah cukup lama tertahan selama di bis,,:p. setelah semuanya kelar kita pun kembali naik bis lagi, melanjutkan perjalanan menuju kp. Rambutan. Baru merem nih mata, tapi dari belakang bang amin udah nepok-nepok bahu gw, “bangun,,bangun,,udah sampe “ katanya. Alhamdulillah akhirnya sampe juga di kp rambutan. Jam setengah 11 waktu itu. Gw pun langsung ambil carrier gw dan berpamitan sama yang lain untuk buru-buru pulang, karena gw harus tetep masuk kantor hari ini. langsung cari angkot, sampe rumah sekitar jam 11, mandi, makan, nyantai sambil beli es kelapa muda yang tadi gw beli di jalan, berangkatttt!!
Walaupun sedikit cape, tapi kegagahan eyang merbabu membuat gw selalu bersemangat agar terlihat gagah seperti yang ditunjukkannya. ^-^

0 comments:

Post a Comment