SlideShow

1

Menyambangi sang Dewi (Mt Rinjani 3726 Mdpl) part 1


Semua ini berawal dari mimpi,,,,

Ya,mimpi yang terus gw pelihara sejak akhir 2007,, hingga akhirnya bisa gw wujudkan kemaren, 5 september 2011. Mimpi yang semakin menguat, setelah mendengar berbagai cerita dan melihat dokumentasi kawan-kawan yang sudah diberi kesempatan untuk pergi kesana, seakan ingin meledakkan keinginan gw untuk menyambangi surganya para pendaki, gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia,Gunung Rinjani.



Berawal dari usaha gw untuk meracuni teman-teman terdekat agar bisa pergi kesana bersama-sama, tapi selalu gagal dengan alasan waktu, biaya serta bermacam-macam alasan lainnya. Hingga akhirnya, gw coba melontarkan ajakan kepada teman-teman di BPC Jabodetabek, ketika trip ke Bromo-Madakaripura-Sempu 1-5 juni 2011. Malam itu,dibawah indahnya langit sempu (*kok jadi romantis gini yak?? :p), gw coba menawarkan ajakan ke beberapa teman, tapi sebagian besar jawaban yang keluar hampir sama, yaitu “gila lo, itu kan pas lebaran, emang gw gak punya orangtua??, nggak ah” atau “gw gak mau jd anak durhaka ah, masa lebaran-lebaran ngetrip?? Skip deh,,”. Ya, mayoritas dari teman-teman menolak ajakan gw. Sampai akhirnya om Jimmy nanya ke gw….. “berangkat tgl berapa?? / tanggal 31 agustus yuk om / gw berangkat za,,”. Haaaah, senang akhirnya bisa dapet temen buat pergi kesana ^-^.



Kabar burung pun tersiar di grup BPC Jabodetabek, banyak yang mulai nanya ke gw,,,”mw berangkat kapan?? Gak bisa diundur??klo diundur gw ikut deh,,,,”. Sayangnya gw gak punya waktu libur yang banyak lagi seperti libur lebaran ini, jadi gw tetepin untuk berangkat tgl 31 agustus 2011. Akhirnya setelah banyak temen yang minat untuk ikut menyambangi sang dewi, satrio, reza dan afri yang beruntung untuk bisa berkunjung menemui sang dewi menemani gw dan jimmy.


Persiapan pun dimulai, mulai dari ngumpulin perlengkapan sampe logistik apa aja yang mau dibawa untuk dapat bertahan disana. Kumpul-kumpul pun diadakan biar lebih afdol ngobrolin persiapan perjalanan kali ini. Dan dengan mendatangkan narasumber yang semangat banget mendukung perjalanan tim kita kali ini, Ojan, pertemuan terakhir pun diadakan di Taman Kuliner, Kalimalang, Jumat 26 Agustus 2011. Setelah banyak mendengar cerita dan masukan-masukan dari narasumber, dan tiket KA Bengawan sudah ditangan, kita pun semakin gak sabar nunggu tanggal 31 datang,berkumpul di stasiun tanah abang dan memulai perjalanan menemui sang dewi.

31Agustus 2011,,,,
Waktu yang ditunggu-tunggu pun akhirnya tiba. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1432 H,Minal Aidin Wal Faidzin Mohon Maaf Lahir Bathin,,,,*lho??. Ya, hari ini lebaran, meski ada beberapa saudara kita yang merayakannya kemarin, 30 Agustus 2011 tapi karena pemerintah menetapkan tgl 31 ini sebagai 1 syawal 1432 H,sebagai warga negara yang baik mah ikut aja,,,:p. Setelah bersilaturahmi ketetangga-tetangga, ziarah ke makam ibunda tercinta, dan ke kampung halaman dicondet, gw berangkat ke stasiun jatinegara diantar oleh jawir (thanks bro..:D). Di Jatinegara gw ketemu sama satrio beserta 2 temannya, dan afri yang datang dengan pakaian lengkap, carryl di punggung dan tentengan logistik yang sudah tidak bisa dimasukkin lagi ke carryl nya :hammer. Kita bertiga + 2 temennya satrio naek KRL menuju stasiun tanah abang.

Jam 17.20 kita sampai di st. tanah abang terus langsung menuju ke peron dimana KA Bengawan itu berada, karena denger-denger KA bengawan itu sudah standby dari jam 7 pagi, tidak seperti hari-hari biasanya yang kereta itu baru datang beberapa saat sebelum keberangkatannya. Disini kita gak beli tiket lagi, karena tiket KA Bengawan udah dibeliin sama afri sejak seminggu sebelum keberangkatan (35000/org). Di stasiun kita ketemu reza yang ternyata tadi 1 KRL sama kita,cuma beda gerbong aja. Setelah pemeriksaan karcis sebelum kita turun ke peron,kita langsung menuju ke KA bengawan dengan harapan masih bisa dapat tempat duduk, dan ternyata setelah masuk ke gerbong kereta itu,,jeng jeng,,,udah penuh :hammer. Malah sebagian penumpang ada yang bilang, “saya dari jam 11 mas disini biar dapat tempat duduk”. Dalam hati gw, gak sekalian aja sholat ied di kereta biar dapat tempat duduk :ngakak. Setelah tau kita gak dapet tempat duduk, kitapun coba nyari tempat buat naro lemari-lemari dan kulkas-kulkas kita (a.k.a carryl). Setelah lemari serta kulkas kita selesai diselip-selipin di kolong tempat duduk, kita pun coba mencari udara segar di luar kereta sambil nungguin narasumber kita yang katanya mau dateng untuk melepas keberangkatan kita. Salut deh buat Ojan, yang antusias banget ngebantu kita untuk masalah yang satu ini :thumbup.

Jam 17.50 akhirnya narasumber kita menampakkan batang hidungnya. Dan kita pun memulai obrolan kita sambil menunggu keberangkatan kereta  dengan ditemani 2 gelas kopi dan beberapa batang rokok. Selang beberapa waktu, kita harus masuk dulu ke gerbong kereta karena ada pemeriksaan karcis, tapi setelah karcis diperiksa kita pun keluar kereta lagi untuk melanjutkan obrolan dengan ojan yang masih setia menunggu keberangkatan kita.

@st tanah abang

Jam19.35 KA bengawan pun mulai menggerakkan roda-roda besinya untuk meninggalkan st tanah abang. Kondisi di dalam gerbong pun tak jauh berbeda dari hari-hari biasanya, gak seperti yang gw bayangin kalo hari ini masih dalam suasana mudik lebaran. Syukurlah pikir gw, pengelolaan penumpang kereta tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Di perjalanan pun kereta gak banyak berhenti seperti biasanya, hanya di stasiun-stasiun tertentu saja berhenti dan tidak banyak mengalah juga kepada kereta-kereta lain yang levelnya diatas kereta ini. Seperti yang kita tau, kereta-kereta ekonomi di Indonesia kan dikenal sebagai kereta yang “penyabar”, karena selalu mengalah dan memberi jalan kepada kereta –kereta lain yang levelnya lebih tinggi :p.

1September ,,,,,
Jam 05.30 akhirnya KA bengawan menjejakkan roda-roda besi nya di st lempuyangan, Jogja. Kita pun bergegas menyiapkan carryl dan turun dari kereta ini.


@st Lempuyangan



Seperti biasa, tempat yang pertama dicari adalah…”TOILET” :p. setelah selesai b.a.k dan cuci muka, gw pun langsung menuju loket pembelian karcis untuk mengantri dan membeli tiket KA sri tanjung jurusan banyuwangi. Selagi gw dan afri mengantri, reza dan satrio pun cari makan untuk mengisi perut yang dari kemaren sore belum diisi. Loket dibuka jam 07.05, antrian gw tiba, beli tiket (35000/org) dan langsung menuju ke gerbong kereta sri tanjung untuk mencari tempat duduk. Setelahsatrio dan reza datang, gantian gw dan afri yang cari makan, lumayan masih ada waktu kurang lebih setengah jam sebelum keberangkatan. Abis makan langsung masuk ke gerbong, duduk rapih dan jam 07.30 pun KA sri tanjung berangkat meninggalkan st lempuyangan.

Berbagai kegiatan pun dilakukan untuk mengisi waktu perjalanan di kereta yang kita tau bakal panjang ini. mulai dari makan kue-kue lebaran yang dibawa afri, baca koran, maen kartu, tidur, ngobrol, tidur, maen kartu lagi, ngobrol lagi, ngemil kue lagi, tidur lagi,,,,,:hammer.



onta yang kecapean

Sampe akhirnya sri tanjung tiba di st banyuwangi jam 00.25. Sekali lagi tempat yang dituju pertama adalah TOILET :p. keluar dari stasiun jimmy sudah menunggu diwarung-warung kecil yang ada di depan stasiun. Di sini juga kita ketemu sama donny, dia juga mau ke rinjani tapi mampir dulu ke tempat temennya di denpasar, kita pun bareng sampe denpasar. Ketemu jimmy, makan mie dan ngopi-ngopi sebentar langsung melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki ke pelabuhan ketapang. Dalam perjalanan ke pelabuhan kita sempet mampir dulu ke indom*rt buat beli cemilan-cemilan yang dirasa perlu buat mengisi waktu di perjalanan nanti.

2September,,,,,,,,
Gak nyampe15 menit, kita pun tiba di pelabuhan ketapang. Beli tiket kapal (6000/org),naek ke kapal langsung cari spot yang enak buat maen kartu,,,,:p. Bener- bener menolong deh emang nih kartu buat mengisi waktu dan membunuh kejenuhan selama perjalanan:ngakak. Jam 01.50 kapal ferry pun mulai perlahan meninggalkan pelabuhan ketapang. Selama di perjalanan, satrio dan reza pun nyoba nyari-nyari kali aja ada truk yang bisa ditumpangin sampe ke pelabuhan padang bai, tapi kita kurang beruntung kali ini. Sempet ditawarin sama calo buat naek bis jurusan sumbawa sampe padang bai 150 ribu include makan 1 kali. Huaaaa, gak deh bang, lw pikir gw bocah yang bisa diboongin apa? Ucap gw. Akhirnya tuh calo pun pergi dengan sedikit kesal :p. penyeberangan kali ini cukup lama, biasanya cuma menghabiskan waktu 45 menit-an, kali ini menghabiskan waktu 1 jam lebih sedikit.

Jam 03.05 kapal bersandar di pelabuhan gilimanuk. It’s Bali, 1 jam lebih cepat dari Waktu Indonesia bagian Barat. Jadi mulai sekarang kita pakai Waktu Indonesiabagian TengAh. Jam 04.05, kita pun berjalan keluar pelabuhan setelah di cek KTP, KK, Akte Kelahiran,NEM & Ijazah SD, SMP, SMA,,,:ngakak. Kita pun langsung disambut calo dan digiring ke terminal kecil yang berada di luar pelabuhan, masih sepi banget di terminal itu, maklum masih pagi-pagi buta gini,tapi calo masih standby aja nungguin mangsa-mangsanya :hammer. Setelah nego harga dan masuk akal (45000/org) akhirnya kita putusin buat naek bis kecil jurusan padangbai itu. Angkut carryl, cari posisi dan,,, tidur. Jam 04.25 bis berangkat meninggalkan terminal kecil di gilimanuk itu.

@terminal kecil gilimanuk
  
Jam 08.05 bis sampe di terminal ubung, denpasar. Disini kita pisah sama donny yang mau mampir dulu ke tempat temennya di denpasar. Gw yang di perjalanan tadi nahan buang air kecil langsung turun nyari toilet, begitupun satrio. Bis ngetem di terminal sekitar 30 menit-an, jam 08.30 pun bis melanjutkan perjalanan lagi ke pelabuhan padangbai. Jam 10.45 kita pun sampai di pelabuhan padangbai.

Pelabuhan Padang Bai


Masuk ke pelabuhan, beli tiket (36000/org) dan sebagian dari kita coba menyegarkan diri dengan mandi di kamar mandi yang tersedia. Kita pun ketinggalan kapal yang menyeberang jam 11 siang :nohope. Karena gak mau ketinggalan untuk yang kedua kalinya, setelah semua selesai mandi, kecuali reza :p, kita pun segera menuju ke KMP Nusa Sakti, kapal yang akan kita tumpangi untuk menyeberang ke pelabuhan Lembar, Lombok.

Jam12.10 KMP Nusa Sakti pun perlahan meninggalkan pelabuhan padangbai. Kembali kita harus menghadapi perjalanan yang cukup menjenuhkan di kapal ini. berbagai kegiatan pun coba dilakukan, makan, maen kartu, foto-foto, ngobrol, sampe akhirnya semua tertidur dengan lelap :p.
mengisi waktu luang :p


Gw pun akhirnya dibangunin sama afri dan satrio, “bentar lagi nyampe“ kata mereka. Jam 16.25 akhirnya KMP Nusa sakti merapat di pelabuhan Lembar. Keluar pelabuhan lembar kita pun disambut oleh calo-calo yang berkeliaran menunggu mangsa. Awalnya kita gak mau perduli sama calo-calo itu, apalagi sampe nego, tapi karena gw tau kita udah kesorean sampe di lembar ini, mau gak mau kita coba tanggepin  salah satu calo itu. Harga yang pertama diatawarin 20000 sampe terminal mandalika, mataram. Tanpa banyak omong langsung aja ditinggal sama kita-kita jalan keluar area pelabuhan, “masih ada barang yang mau dicari” ucap gw sambil berlalu ninggalin tuh calo. Tapi belum jauh kita berjalan, orang yang tadi nego sama kita langsung bawa mobilnya terus nyamperin kita. “mau nyari apa lagi bang? Saya anterin deh” tawarnya.60000/org, harga yang pertama dia tawarin ke kita. Setelah nego-nego akhirnyadia mau juga dengan harga 40000/org dari lembar sampe ke aikmel + dianterin nyari barang dan logistik kita yang kurang. Kesepakatan awalnya kita deal dengan harga 40rb itu naek mobil dia (carry) sampe terminal mandalika, terus dioper ke engkel (elf) yang ke aikmel. Tapi karena berhubung sudah sore, dan dia juga udah sempet nganterin kita ke supermarket dan mal di mataram buat nyari gas dan logistik yang kurang, dia takut kalo nanti kita gak dianterin sampe ke aikmel sama sopir engkel nya. Alhasil, dia pun minta naek harga jadi275rb atau 55rb/org nya sampe aikmel, yo wis lah pikir gw, dan yang lain pun setuju dengan harga segitu.

Jam19.20 kita pun tiba di aikmel, coba-coba nyari engkel atau pickup kali aja masih ada yang mau ke sembalun ternyata gak ada. Ada yang nawarin mau nganterin kita sampe sembalun malem itu juga tapi dengan harga 50rb /org, skip……besok pagi aja deh, malem ini istirahat dulu di aikmel. kita pun langsung menuju masjid terdekat buat sholat isya dan beristirahat disana. Selesai sholat kita pun bergantian cari makan untuk mengisi perut yang lagi-lagi belum diisi semenjak tadi siang. Gw sama reza pergi duluan, yang lain coba packing ulang dan nungguin barang-barang di masjid. Setelah gw dan reza selesai, gantian satrio, jimmy dan afri yang pergi beli makan dan beli logistik yang kurang. Setelah semua kembali, coba bagi-bagi barang bawaan, packing ulang dan its time forsleep,coz tomorrow rinjani waiting for us ^-^.

3September,,,,,
Jam 03.15 gw kebangun, jimmy dan reza lagi ngobrol, sepertinya mereka gak tidur. Karena gw gak bisa tidur lagi, gw pun coba kembali merapihkan kembali bawaan gw. Waktu shubuh tiba, kita semua shubuhan dulu sebelum berangkat menuju sembalun. Selesai sholat shubuh, kita pun meninggalkan masjid Jami Al Mutaqien, terima kasih ya Allah, rumah-Mu memang selalu memberikan kesejukan disaat cuaca panas,kehangatan disaat cuaca dingin dan selalu memberikan perlindungan bagi hamba-Mu.


Kita pun menunggu angkutan yang menuju ke sembalun di aikmel. Saat itu masih sepi,belum ada penumpang lain selain kita berlima. Sopir pickup pun menghampiri kita, “ke sembalun lawang kan” tanya dia. “iye, berapa bang?” jawab gw. “kalo nungguin angkutan umum bisa kesiangan nanti sampe disananya, 30rb deh per orang, berangkat sekarang nih” ucapnya. Kita pun berunding dan memutuskan deal dengan harga segitu (30000/org), dengan pertimbangan gak beda jauh sama itinerary kita, kita juga cuma berlima dan takut kesiangan juga sampe disembalun nya. Jam 05.20 kita berlima pun naek pickup menuju ke sembalun lawang.

pickup menuju sembalun

Treknya cukup naik turun, dan kita pun disuguhkan pemandangan yang indah ketika menyaksikan sunrise saat memasuki desa sembalun, subhanallah :matabelo.
Jam 07.20 kita pun tiba di RIC Sembalun, satrio dan afri mengurus registrasi, gak lama dan gak ribet juga. Kelar registrasi kita pun cari sarapan di dekat situ, karena gak mau telat, kita pun mesen mie rebus di warung deket pintu masuk sembalun. Tapi apa yang terjadi, ternyata mie nya gak direbus,,Cuma diseduh dengan air panas (*kayaknya ibu-ibu yang jualan dulunya anak kos nih ‘). Selesai sarapan kita pun berdoa dan start pendakian.

Jam08.00 teng, kita start pendakian dari pintu sembalun. Teriknya matahari sudah sangat terasa pagi itu. Jalanan yang agak berdebu pun cukup menganggu perjalanan kita.

sebelum start trekking


Jam 10.50 dengan perlahan tapi pasti kita pun sampai di pos 1.

pos 1

Dipos 1 kita istirahat, ngemil, foto-foto sebentar, dan terjadilah kecelakaan kecil disini. Gara-gara apel yang coba kita cicipi, pisau itu pun tak sengaja mengiris jari kelingking gw. Haaaaahhh , ada-ada aja dah ah,pikir gw. Setelah diberikan pengobatan dan diplester oleh dokter satrio, darah yang tadinya cukup mengalir deras pun kini sudah berhenti. Yosh, siap melanjutkan perjalanan.

Jam11.23 kita melanjutkan perjalanan menuju pos 2. Treknya masih mudah untuk dilalui. Alhasil gak sampai satu jam kita sudah tiba di pos 2.


bule-bule yg ngaso di pos II



Jam11.55 kita tiba di pos 2. Di pos 2 ini kita gak terlalu lama istirahat, Cuma ngemil dan ngambil persediaan air di sumber air. Agak sedikit kotor memang,tapi lumayanlah :D.

Jam12.30 kita mulai jalan meninggalkan pos 2 menuju pos 3.

Jam14.15 kita sampe di pos bayangan, satu pos sebelum pos 3. Disini kita masak & makan mie, minum cereal buat ngisi tenaga yang udah lumayan terkuras dan tentunya buat persiapan melewati bukit penyiksaan :army.



pos bayangan sebelum pos 3

Jam 15.05 start meninggalkan pos bayangan menuju pelawangan sembalun. Pos 3 kita lewatin aja karena tadi kita sudah cukup istirahat di pos bayangan. Akhirnya ketemu juga kita sama yang namanya bukit penyiksaan. Pertama-tama sih gak terlalu ekstrem, tapi lama-kelamaan maksa kita buat di gigi 1 dan pinter-pinter maenin persneling terus. Tanjakannya gak abis-abis. Di balik punggungan bukit masih ada bukit lagi, udah dilewatin masih ada lagi, haduuuh kondisi fisik yang semakin menurun ditambah dengan beban di pundak yang overload, pengen gw buang-buangin aja rasanya nih isi carryl :nohope.


sedikit lagi plawangan sembalun


Tapi gw tau kita gak boleh berhenti sampai disini, kita masih harus terus semangat demi menemui sang dewi. Dan dengan ketabahan serta perjuangan, akhirnya gw dan jimmy sampai duluan di pelawangan sembalun.

Jam 18.35 gw dan jimmy jadi yang pertama sampai di pelawangan sembalun diantara anggota tim yang lain. Gak lama kemudian afri, satrio dan reza pun menyusul kami sampai di pelawangan sembalun. Tadinya kita mau mencari lapak buat diriin tenda lebih agak ke kiri lagi, di tempat biasa pendaki lain mendirikan tenda,tapi karena kondisi kita sudah terkuras habis, dan reza yang udah ngedrop,akhirnya kita putuskan buat diriin tenda gak jauh dari situ. Setelah mendirikan tenda, kita pun langsung masak buat makan malam kita malam ini. Gak pake lama,kelar makan kita pun langsung tidur buat ngembaliin stamina kita yang udah terkuras habis hari ini. Awalnya, kita berencana buat summit malam ini, tapi melihat kondisi tim yang udah pada ngedrop, akhirnya kita putuskan buat menunda rencana summit kita malam ini.

4September,,,,,,
Jam 05.15 gw bangun dan keluar tenda sambil nunggu sunrise. Dari pelawangan sembalun ini pun view untuk menyaksikan sunrise cukup indah, apalagi kita juga bisa melihat segara anakan dengan gunung baru jari nya. Jimmy dan afri pun pergi menuju ke sumber air buat mengisi persediaan air kita. Sementara gw dan satrio coba masak buat sarapan pagi ini. Selesai masak, kita makan sambil menghadap kesegara anak, beuuuhh, makan mie goreng pake bakso aja nikmatnya,,,, subhanallah,gak bisa dilukiskan dengan kata-kata deh pokoknya.


sarapan di plawangan sembalun



Kelar makan kita packing, dan memindahkan tenda ke posisi lebih ke atas lagi, biar lebih deket ke sumber air dan ke puncak.

Jam 10.15 kita sampai di tempat yang lebih tinggi dan lebih deket ke puncak, diriin tenda, masukin tenda dan berangkat buat summit siang ini. Tapi, ternyata kita masih belum diizinkan untuk pergi ke puncak siang ini, kabut yang datang menyelimuti puncak sang dewi membuat jarak pandang gak lebih dari 5 meter, inipun membuat kami harus menunda lagi rencana summit kami. Setelah berundingakhirnya kita sepakat untuk menunda summit attack menjadi dinihari nanti. Its mean, kita masih punya waktu siang ini untuk istirahat dan santai :D. kita pun kembali memindahkan tenda kita ke tempat yang lebih dekat dengan sumber air dan puncak. Sambil menunggu summit dinihari nanti, berbagai kegiatan pun kami lakukan untuk mengisi waktu luang kami ini. mulai dari maen kartu, tidur,ngobrol ngobrol dengan tetangga tenda sebelah, makan, sampe ada yang rela jadi tukang pijit buat ngisi waktu luangnya,,,:p.

sebelum summit dipijit dulu,,,;p


SekitarJam 20.00, setelah kita semua makan malam, kita putuskan untuk beristirahat lebih cepat, karena kita punya rencana summit malam nanti. 



to be continued.........

1 comments:

MiLkyWay

Pulang dr situ ada yang ngegalau di jogja hyahaha alesane di tinggal rieza naek pesawat. (read:reza onta)

Post a Comment